5 Tokoh – Tokoh Yang Berjasa Dalam Teknologi Pendidikan

Awalan perkembangan teknologi pendidikan bisa di bilang sudah ada sejak awal peradaban. Di mana orang tua mendidik anaknya dengan cara memberikan pengalaman langsung dan memanfaatkan lingkungan.

Pada perkembangan selanjutnya menurut Seattler dan Miarso, secara eksplisit ia menganggap kalau Komensky adalah pionir dari Teknologi Pendidikan. Hal ini di karenakan Komensky berpendapat bahwa kita perlu visualisasi di dalam pengajaran yang tertuang di dalam buku orbis sensalium pictus.

Teknolgi pendidikan di antaranya adalah Froebel, Reusseau, dan Pestalozzi yang menekankan perlunya rangsangan indra untuk membuat efektifitas belajar jadi meningkat. Ada juga Herbart yang mengungkapkan tentang prosedur pengajaran yang saat ini di kenal sebagai desain pembelajaran.

Pada tinjauan historisnya, teknologi pendidikan pertama kali di kembangkan lewat gerakan pengembangan teknologi pendidikan. Contohnya seperti bidang kajian pengembangan Teknologi Pendidikan di Amerika Serikat yang di pelopori oleh James D.FINN.

Ia adalah seorang Guru Besar Tetap di dalam bidang pendudukan di USC atau University of Southern California. Ia juga merupakan seorang guru besar tamu di Syracuse University dan Michigan State. Ia lalu di kenal sebagai bapak teknologi pendidikan.

Namun, selain James D.FINN sebenarnya masih ada beberapa tokoh lagi loh yang cukup berjasa di dalam perkembangan teknologi pendidikan. Siapa saja mereka? Yuk simak di bawah ini.

1.B.F. Skinner

B.F. Skinner adalah orang yang menemukan teori conditioning dengan cara menerapkan stimulus yang lalu B.F. Skinner juga menghasilkan teori yang terkenal dengan sebutan Linear Programming atau Programmed Learning.

2.Edward L. Thorndike (1874-1949)

Edward L. Thorndike merupakan orang yang menghasilkan beberapa hukum belajar seperti misalnya Law of Effect. Menurut hukum tersebut, belajar akan berhasil kalau respon murid terhadap suatu stimulus segera di sertai dengan rasa senang atau rasa puas yang di sebut dengan reinforcement. Reinforcement bisa menguatkan hubungan stimulus dengan respon.

3.Ivan Pavlon (1849-1936)

Ivan Pavlon telah menghasilkan percobaan dengan anjing demi mempelajari proses belajar secara ilmiah dengan cara memberikan stimulus. Contohnya anjing di berikan makanan sebagai stimulus pertama lalu mereka akan mengeluarkan air liur karena mau makan.

Untuk stimulus yang ke dua anjing di berikan makanan sekaligus di berikan tanda lonceng dan di tiadakan lalu di amati, bagaimana hasil dari perilakunya.

4.Norman C. Crowder

Norman C. Crowder menemukan variasi di dalam pelajaran program untuk memperhatikan bedanya individual. Caranya adalah dengan mengembangkan teori yang lebih besar serta lebih luas di bandingkan linear programming.

Setelah itu, muncullah persepsi jadi dua pandangan yang bertentangan di antara program linear skinner dengan program bercabang milik Crowder. Namun kalau di pelajari lebih lanjut sebetulnya taka da perbedaan dan semua program tersebut memiliki sifat linear namun di antaranyamemang ada yang bercabang.

Lalu muncullah orang bernama Gordon Pask yang lalu memakai computer dalam mempelajari berprogram. Computer lebih bisa menyesuaikan program dengan kecepatan pelajar baik untuk yang lambat maupun yang cepat.

5.Sidney L. Pressey

Sidney L. Pressey menciptakan sebuah program pendidikan yang terdiri atas rentetan tugas yang ia sebut dengan software. Selain itu ia juga menghasilkan teaching machine sebagai hardwarenya. Ia memakai test objektif dengan lembar jawaban yang bisa secara otomatis di periksa sendiri.

Itulah beberapa nama tokoh – tokoh yang berjasa dalam sejarah teknologi pendidikan. Semoga bermanfaat.