5 Sejarah Indonesia Sebelum Mencapai Kemerdekaan

Kemerdekaan bangsa Indonesia yang sudah di proklamasikan di tanggal 17 Agustus 1945 lalu memang punya sejarah yang panjang. Sejarah Indonesia ini sudah ada berabad – abad silam sejak terjadinya penjajahan yang bangsa lain lakukan ke Negara ini.

Karena penjajahan yang menyakitkan itu lah, seluruh lapisan masyarakat jadi bersemangat untuk melawan penjajah. Saat itu masyarakat Indonesia berjuang mati – matian untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini supaya lepas dari tangan penjajah.

Sebagai warga Indonesia, sudah seharusnya kita tahu tentang sejarah bangsa ini yang terbilang gak singkat. Agar lebih jelas, yuk simak bagaimana perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

1.Pemerintahan Sementara Perancis dan Inggris

Di akhir abad ke 18, VOC di bubarkan karena Belanda kalah dalam Perang Eropa. Indonesia lalu jatuh ke dalam kekuasaan Perancis tetapi masih di bawah pemerintahan Belanda atau bisa di bilang Belanda – Perancis.

Jatuhnya Indonesia ke tangan Perancis membuat Inggris geram. Lalu terjadilah perebutan kekuasaan wilayah Indonesia yang di lakukan oleh Belanda – Perancis dan Inggris. Perseteruan ini lalu berakhir dengan di tanda tanganinya Perjanjian Amiens dan Kapitulasi Tuntang.

Pemerintahan Belanda – Perancis lalu berakhir dengan datangnya Inggris di bawah Lord minto yang berhasil merebut Jawa. Kemudian Lord Minto yang bermarkas di India mengangkat Raffles jadi Letnan Gubernur yang saat itu berkuasa di Jawa.

2.Kedatangan Bangsa Portugis di Maluku

Indonesia adalah Negara penghasil rempah – rempah. Inilah yang menjadikan Negara ini jadi incaran para Portugis. Tetapi sebelum datang ke Indonesia, Portugis sudah melakukan penjajahan dalam rangka untuk mencari rempah – rempah ke berbagai Negara.

Perjalanan Portugis dalam mencari rempah – rempah berawal dari kota Lisabon, Portugis. Di tahun 1948, Bartolomeus Diaz melakukan pelayaran yang pertama dalam menyusuri pantai barat Afrika. Ia bermaksud untuk melakukan pelayaran ke India namun gagal.

Di 1511, Portugis lalu sampai di Malaka di bawah pimpinan Alfonso dâ Albuquerque. Alfonso lalu berhasil menguasai Malaka dan Myanmar.

3.Kolonialisasi VOC

Berdirinya VOC jadi senjata awal dari Belanda dalam menguasai wilayah Indonesia. Ekspedisi kompeni ke Indonesia di awali dengan datangnya pelaut Belanda dengan nama Cornelis de Houtman di tahun 1596 pada Pelabuhan Banten.

Datangnya Cornelis de Houtman lalu di ikuti dengan ekspedisi – ekspedisi lain dari para pedagang Belanda. Banyaknya pedagang Belanda yang datang ke Indonesia pun menimbulkan persaingan yang tak sehat. Itulah kenapa VOC di bentuk.

4.Penjajahan Belanda

Sesudah Inggris pergi dari Indonesia di tahun 1816, Belanda lalu mengambil lagi dan menguasai Negara ini. Kembalinya kekuasaan Belanda di Indonesia ini pun tercatat ke dalam Undang – Undang Kerajaan Belanda di tahun 1814.

Di tahun 1830 an juga Belanda menerapkan system tanam paksa yang membuat masyarakat Indonesia jadi menderita. System ini memaksa penduduk Indonesia menanam hasil kebun seperti teh, kopi, dan pala demi memenuhi kebutuhan ekspor kompeni.

5.Pendudukan Bangsa Spanyol di Sulawesi

Di tahun 1522, Spanyol mulai melakukan kolonialisasi pada Sulawesi Utara. Puncaknya adalah di tahun 1560 di mana Spanyol mendirikan pos di Manado, Sulawesi Utara. Spanyol pun meluaskan penjajahan sampai ke Minahasa karena tempat tersebut adalah sebuah ladang yang menggiurkan sebagai penghasil beras.

Di tahun 1617, rakyat Minahasa di Sulawesi Utara pun melakukan gerakan perlawanan. Mereka melakukan gerakan ini untuk mengusir Spanyol. Setelah melakukan perlawanan bertahun – tahun, akhirnya di 1646 Spanyol pun berhasil di usir dari tanah Sulawesi.

Itulah beberapa peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia. Semoga bermanfaat.