5 Samurai Legendaris Zaman Jepang Kuno

Samurai adalah kasta turun-temurun yang memegang banyak kekuatan politik dan militer serta budaya unik yang mengikuti kode bela diri bushido, yaitu mencakup kesetiaan teguh dan tidak kenal rasa sakit.

Mau tau siapa saja samurai terhebat diantaranya? Simak berikut.

1. Tomoe Gozen

Salah satu dari sedikit samurai wanita, Tomoe Gozen dianggap sebagai samurai yang sangat cantik dengan keahlian dalam menggunakan senjata dan menunggang kuda yang terkenal.

Putri Nakahara Kanet, seorang pendukung Minamoto no Yoshinaka ini mewarisi kesetiaan keluarganya. Ia melayaninya di Perang Genpai dengan memimpin 300 samurai melawan 2.000 prajurit klan Taira dan memenangkannya.

Kehdiupan Tomoe adalah legenda dan ia pun memenggal Honda no Morishige dari Musashi dan membunuh samurai uchida Ieyoshi dan membuatnya menjadi jenderal pertama Jepang.

2. Minamoto no Yoshitsune

Yoshitsune bertempur dalam Perang Genpei dan membantu suadara tirinya mengkondsolidasikan kekuatan dan menjadi salah satu samurai paling terkenal dalam sejarah Jepang.

Ia sejak dini sudah berhadapan dengan banyak bahaya seperti pemberontakan Heiji tahun 1160, yang pada saat itu ia berada diambang kematian.

Ia pun mendapatkan perawatan biksu di Kuil Kurama pada usia 10 tahun, namun ia tidak melanjutkan hidupnya sebagai biarawan.

Ia pun ikut dengan Fujiwara no Hidehira, yaitu seorang pedagang emas yang mengenal ayahnya sang penguasa kaln yang kuat.

Yoshitsune pun berkembang menjadi samurai yang terampil dan kuat sehingga membuatnya mengambil bagian sebagai pasukan yang melawan klan Taira.

3. Kusunoki Masashige

Sosok yang masih dianggap teladan hingga sekarang ini berasal dari Osaka dan lahir tahun 1294 saat banyak samurai yang sangat miskin dan hidup menyedihkan saat itu.

Beberapa samurai pun bersati membentuk Akuto, yaitu sekelompok pemberontak dan Kusunoki Masashige adalah anggota grup ini.

Tahun 1331 pun Kaisar Go-Daigo terpaksa melarikan diri ketika rencananya untuk menjatuhkan pemerintah terungkap dan Masashige menyatakan perang terhadap pemerintah adalah salah satu yang pertama berjanji kesetiaan mereka kepada kaisar Go-Daigo.

Namun, pemerintah pun mengira mereka bisa mengakhiri pemberontakan dalam sekejap, ternyata mereka salah besar. Kusunoki Masashige menggunakan taktik yang tidak biasa, prajuritnya tidak memakai baju besi atau pedang yang bagus.

Sebaliknya, mereka hanya melemparkan batu dan menyiramkan air panas ke orang-orang yang mencoba menyerang kastil mereka di Kawachi.

4. Takeda Shingen

Sang penguasa feodal Provinsi Shinano ini merupakan salah satu panglima perang yang berjuang untuk mendapatkan kekausaan atas Dataran Kanto yang berharga.

Takeda pun terkenal karena serangkaian pertempurannya yang melawan prajurit terkenal,  seperti Uesugi Kenshin.

Pertempuran itupun legendaris dan berlangsung sengit hingga membuat pengaruh Takeda lebih kuat dan ia pun dikenal sebagai salah satu pemimpin militer paling kuat di wilayah tersebut.

Hal ini membuatnya menjadi ancaman bagi upaya penaklukan Tokugawa Ieyasu dan Oda Nodabunaga.

5. Uesugi Kenshin

Lawan dari Takeda Shingen yang terkenal ini keluarganya berjuang untuk mempertahankan kendali atas daerahnya dan mendapatkan kendali atas provinsi-provinsi tetangga ketika ayahnya meninggal.

Nagao Torachiyo pun mengubah nama belakangnya saat keluarganya memberikan perlindungan kepada gubernur jenderal bernama Uesugi Norimasa.

Pada saat inilah ia mulai bertarung dengan Takeda untuk menguasai Kanto, namun Uesugi akhirnya berusaha untuk menggulingkan penakluk kuat Oda Nodabunaga, namun ia meninggal sebelum bisa memulai misinya untuk menantangnya.

Nah, itulah 5 samurai legendaris zaman Jepang kuno. Mereka hebat-hebat bukan? Tentunya sosok-sosok mereka bisa kita jadikan contoh karena kegigihannya yang kuat dalam bertahan hidup dan mempertahankan sesuatu.